Persaingan Antar Unit Usaha

 

Nama  : Diah Rahmadani

NIM    : 202010200114

Kelas   : Manajemen 3/A3

Dosen Pengampu: Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M

Persaingan Antar Unit Usaha

A.    Keunggulan Kompetitif

Persaingan adalah keadaan ketika organisasi berperang atau berlomba untuk mencapai hasil atau tujuan yang diinginkan. Keunggulan kompetitif adalah strategi bersaing terhadap sesuatu yang dirancang untuk dieksploitasi oleh suatu organisasi. Keunggulan bersifat sementara sehingga muncul hiperkompetesi, yaitu situasi dengan tingkat kompetisi yang intensif dan terus-menerus meningkat. Beikut ini teknik analisa dalam keunggulan kompetitif:

1.     1. Analisis kesenjangan

Analisis kesenjangan memeberikan suatu mekanisme unuk menyatukan berbagai variasi produk dan bisnis dalam suatu perusahaan yang memiliki lebih dari satu produk atau bisnis, contohnya Indofood.

2.      2. Matrik strategi umum

Matrik strategi umum menjadi alat analisa yang terkenal dalam membuat strategi alternative. Prinsipnya adalah memposisikan SBU-SBU kedalam salah satu dari keempat kuadran yang dibentuk oleh garis horizontal (melukis posisi persaingan) dan vertical (menggambarkan tingkat pertumbuhan).

3.   3.   Group konsultan Boston

Merupakan salah satu dari beberapa model perencanaan porofolia yang ada dalam dunia manajemen. Prinsip dasar dari teknik ini adalah dengan membagi sebuah daerah dengan dua garis yaitu garis vertikal dan horizontal menjadi empat daerah (kuardan). Keempat daerah tersebut diberi nama yaitu Tanda tanya (Question Mark), Bintang (Star), Sapi perah (Cash Cow) dan Anjing (Dog). Garis horizontal menggambarkan posisi relatif dari pangsa pasar yang dikuasai perusahaan sedangkan garis vertical melukiskan tingkat perumbuhan pasar pangsa.

B.     Strategi Bersaing

Suatu pernyataan tentang apa yang dilakukan oleh berbagai unitorganisasi dan apa yang mereka harapkan untuk mencapai visi organisasi.Pernyataan misi bersifat eksternal, fokus pada pasar dan pelanggan, danmenspesifikasikan pada usaha tertentu. Organisasi dibedakan berdasarkanmisinya, yaitu berorientasi laba atau nirlaba.

Tiga Perspektif  Baru Dalam Strategi Bersaing

1.      Strategi Diferensiasi Biaya Rendah Terintegrasi

Perusahaan mengembangkan sebuah keunggulan kompetitif yangsecara bersamaan mencapai biaya rendah dan diferensiasi pada tingkatyang tinggi

Salah satu kekurangannya, perusahaan yang tidak berhasilmenerapkan strategi kombinasi ini akhirnya akan terjebak di tengah-tengah (stuck in the middle)

2.    Strategi Persaingan Generik Mintzberg

Diferensiasi melalui harga.

Diferensiasi melalui citra pasar.

Diferensiasi melalui desain produk. 

Diferensiasi melalui kualitas produk. 

Diferensiasi melalui pendukung produk. 

Strategi tidak terdiferensiasi.

 

C.    Matrik SWOT

Teknik Matrik SWOT adalah dengan menggabungkan SWOT menjadi suatu matrik dan kemudian diidenfikasikan semua aspek dalam SWOT. Dari kurden tempat bertemunya SWOT tersebut kemudian dibuat strategi yang sesuai dengan aspek-aspek SWOT tersebut. Pada pembuatan strategy dan teknik matrik SWOT ini terlebih dahulu harus dapat dirumuskan dengan jelas hal-hal yang menjadi isue strategik buat pencapaian visi dan misi perusahaan. Pada penentuan faktor- faktor kritis dan penunjang pada setiap analisis swot dibuat dengan melibatkan semua stakeholder perusahaan baik melalui brainstorming maupun Focus Group Discusion. Dimana prosentase kriteria keterlibatan ditentukan melalui sebuah kriteria pembobotan yang didasarkan atas derajat konstribusi pencapaian tujuan.

 

D.    Analisa Daur Kehidupan Produk (Product Life Cycle)

Teknik terakhir adalah analisa Daur Kehidupan Produk yang biasanyadigunakan untuk membuat strategi pemasaran. Daur Kehidupan Produk, yangdiperkenalkan tahun 1950, mencoba menganalisa suatu produk berdasarkan perubahan yang terjadi pada tingkat penjualannya. Prinsipnya analisa inimengatakan bahwa suatu produk akan melalui suatu siklus kehidupan (LifeCycle) seperti halnya manusia yaitu kelahiran, pertumbuhan, dewasa danakhirnya masa tua (meninggal).

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliansi Strategis

Analisis lingkungan eksternal

Tata Kelola Korporat