Persaingan Antar Unit Usaha
Nama : Diah Rahmadani
NIM : 202010200114
Kelas : Manajemen 3/A3
Dosen
Pengampu: Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M
Persaingan Antar Unit Usaha
A.
Keunggulan
Kompetitif
Persaingan adalah keadaan
ketika organisasi berperang atau berlomba untuk mencapai hasil atau tujuan yang
diinginkan. Keunggulan kompetitif adalah strategi bersaing terhadap sesuatu
yang dirancang untuk dieksploitasi oleh suatu organisasi. Keunggulan bersifat
sementara sehingga muncul hiperkompetesi, yaitu situasi dengan tingkat
kompetisi yang intensif dan terus-menerus meningkat. Beikut ini teknik analisa
dalam keunggulan kompetitif:
1. 1. Analisis
kesenjangan
Analisis
kesenjangan memeberikan suatu mekanisme unuk menyatukan berbagai variasi produk
dan bisnis dalam suatu perusahaan yang memiliki lebih dari satu produk atau
bisnis, contohnya Indofood.
2. 2. Matrik
strategi umum
Matrik
strategi umum menjadi alat analisa yang terkenal dalam membuat strategi
alternative. Prinsipnya adalah memposisikan SBU-SBU kedalam salah satu dari
keempat kuadran yang dibentuk oleh garis horizontal (melukis posisi persaingan)
dan vertical (menggambarkan tingkat pertumbuhan).
3. 3. Group
konsultan Boston
Merupakan
salah satu dari beberapa model perencanaan porofolia yang ada dalam dunia
manajemen. Prinsip
dasar dari teknik ini adalah dengan membagi sebuah daerah dengan dua garis
yaitu garis vertikal dan horizontal menjadi empat daerah (kuardan). Keempat
daerah tersebut diberi nama yaitu Tanda tanya (Question Mark), Bintang (Star),
Sapi perah (Cash Cow) dan Anjing (Dog). Garis horizontal menggambarkan posisi
relatif dari pangsa pasar yang dikuasai perusahaan sedangkan garis vertical melukiskan
tingkat perumbuhan pasar pangsa.
B.
Strategi Bersaing
Suatu pernyataan tentang apa yang dilakukan oleh berbagai unitorganisasi dan apa yang mereka harapkan untuk mencapai visi organisasi.Pernyataan misi bersifat eksternal, fokus pada pasar dan pelanggan, danmenspesifikasikan pada usaha tertentu. Organisasi dibedakan berdasarkanmisinya, yaitu berorientasi laba atau nirlaba.
Tiga Perspektif Baru Dalam Strategi Bersaing
1. Strategi Diferensiasi Biaya Rendah Terintegrasi
Perusahaan mengembangkan sebuah keunggulan kompetitif yangsecara bersamaan mencapai biaya rendah dan diferensiasi pada tingkatyang tinggi
• Salah satu kekurangannya, perusahaan yang tidak berhasilmenerapkan strategi kombinasi ini akhirnya akan terjebak di tengah-tengah (stuck in the middle)
2. Strategi Persaingan Generik Mintzberg
• Diferensiasi
melalui harga.
• Diferensiasi
melalui citra pasar.
• Diferensiasi
melalui desain produk.
• Diferensiasi
melalui kualitas produk.
• Diferensiasi
melalui pendukung produk.
• Strategi
tidak terdiferensiasi.
C.
Matrik
SWOT
Teknik Matrik SWOT adalah dengan menggabungkan SWOT menjadi suatu
matrik dan kemudian diidenfikasikan semua aspek dalam SWOT. Dari kurden tempat
bertemunya SWOT tersebut kemudian dibuat strategi yang sesuai dengan
aspek-aspek SWOT tersebut. Pada pembuatan strategy dan teknik matrik SWOT ini
terlebih dahulu harus dapat dirumuskan dengan jelas hal-hal yang menjadi isue
strategik buat pencapaian visi dan misi perusahaan. Pada penentuan faktor- faktor kritis dan penunjang pada setiap
analisis swot dibuat dengan melibatkan semua stakeholder perusahaan baik melalui brainstorming
maupun Focus Group Discusion. Dimana prosentase kriteria keterlibatan ditentukan melalui sebuah
kriteria pembobotan yang didasarkan atas derajat konstribusi pencapaian tujuan.
D.
Analisa Daur Kehidupan Produk (Product Life Cycle)
Teknik terakhir adalah analisa Daur Kehidupan Produk yang
biasanyadigunakan untuk membuat strategi pemasaran. Daur Kehidupan Produk,
yangdiperkenalkan tahun 1950, mencoba menganalisa suatu produk berdasarkan
perubahan yang terjadi pada tingkat penjualannya. Prinsipnya analisa inimengatakan
bahwa suatu produk akan melalui suatu siklus kehidupan (LifeCycle) seperti
halnya manusia yaitu kelahiran, pertumbuhan, dewasa danakhirnya masa tua
(meninggal).
Komentar
Posting Komentar