Evaluasi Strategi

Nama: Diah Rahmadani
NIM: 202010200114
Kelas: Manajemen 3/A3
Dosen Pengampu: Tofan Tri Nugroho, S.E., M.M

Evaluasi Strategi

1. Pengertian
Evaluasi strategi adalah cara bagi pelaku bisnis untuk mengevaluasi posisi perusahaan dalam upaya mencapai tujuan strategis. Evaluasi strategi meliputi 3 aktivitas dasar yakni: 
• Memeriksa dasar strategi perusahaan.
• Membandingkan hasil yang diharapkan dengan aktual.
• Mengambil tindakan koreksi untuk memastikan kinerja sesuai rencana.

2. Tahap evaluasi strategi

3. Kesulitan dalam proses evaluasi strategi:
• Peningkatan yang dramatis dalam kompleksitas lingkungan.
• Peningkatan kesulitan memprediksi masa depan.
• Peningkatan jumlah variabel.
• Makin cepatnya sebuah rencana yang bagus menjadi tidak relevan dan usang.

4. Kerangka kerja evaluasi strategi

5. Balanced Scorecard



6. Hakikat Evaluasi Stategi

- Mengkaji ulang atas landasan evaluasi strategis.
- Mengukur kinerja organisasi dengan membandingkan hasil yang diharapkan dengan hasil yang sebenarnya.
- pengambilan tindakan korektif untuk memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana.

7. Empat kriteria dalam evaluasi strategi menurut Richard Rumelt (1980): 
• Kesesuaian (Consonance)
• Keunggulan (advantage)
• Konsistensi (consistency)
• Kelayakan (feasibility)

8. Mengukur kinerja organisasi
Kriteria kuantitatif berdasarkan tiga perbandingan:
a. Perbandingan kinerja dari waktu ke waktu.
b. Perbandingan kinerja dengan kinerja pesaing.
c. Perbandingan dengan rata-rata industri.
Kriteria kuantitatif rasio keuangan:
• Pengambilan atas investasi/ROI.
• Pengambilan atas ekuitas/ROE.
• Marjin laba.
• Pangsa pasar.
• Pertumbuhan penjualan.
• Pertumbuhan aset.
• Laba persaham.
• Utang terhadap ekuitas.
Mengukur kinerja organisasi.
Persoalan potensial dalam penerapan evaluasi strategi dengan kriteria kuantitatif:
a. Kriteria kuantitatif sebagai besar menjadi dasar dalam penentuan jangka panjang. 
b. Metode akuntansi yang berbeda bisa memberikan hasil yang berbeda.
c. Penilaian intuitif hampir ada dalam penentuan kriteria kuantitatif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliansi Strategis

Analisis lingkungan eksternal

Tata Kelola Korporat